25 Januari

Tom berdiri diam mengamati jarum detik yang terus bergerak melewati dua jarum jam lainnya. Segala bebunyian di sekitarnya didengarnya dengan seksama. Hanya dia yang tak bersuara. Dia tak boleh bersuara! Tak boleh ada yang menyadari keberadaannya. Segalanya harus sempurna. Ya, sempurna!

Dua menit lagi tepat tengah malam. Dua menit lagi 25 Januari. Hari yang selama ini dinantikannya. Dua menit lagi dia akan bebas. Kontrak kerjanya akan berakhir setelah ia menyelesaikan tugas terakhirnya. Tugas ini yang paling penting sepanjang karirnya. Selama ini dia menyelesaikan semua tugas yang diberikan dengan sempurna. Tak pernah ada satu pun kesalahan. Kini dia pun harus menutup karirnya dengan sempurna!

Ini bukan pekerjaan yang mudah. Memang tidak pernah mudah memuaskan orang yang tamak dan berambisi. Hanya yang terpilih dan terlatih yang dapat melakukannya. Dikalangannya sudah terkenal, dialah yang terbaik.

Satu menit lagi menuju tugas terakhirnya. Menuju kebebasannya. Masih dalam diam dia mengawasi segalanya. Semua orang di rumah itu sudah pulas, tapi Tom masih diam. Dia tak pernah terburu-buru. Selalu melakukan segalanya dengan perhitungan. Sebab tidak boleh ada yang menyadari kehadirannya.

Tepat tengah malam kaki kirinya mengayun membuat langkah pertama. Diamatinya satu per satu orang-orang yang lelap dan terbuai dalam impian. Nadi di leher mereka berdenyut-denyut mengalirkan darah segar. Mereka tak menyadari betapa dekatnya mereka dengan kematian. Hanya sebatas kulit yang tipis. Namun darah bukanlah rencananya.

* * *

Di langit timur fajar merekah dengan indah. Tom tersenyum, ia bebas! Dulu dia iri melihat teman-temannya yang hidup normal. Dulu Tom tak bisa seperti mereka. Mulai sekarang Tom akan hidup normal dan menjadi bagian dari mereka. Sekarang ia Tom yang baru. Bukan Tom yang dulu yang sepanjang ingatannya, hidupnya adalah sekumpulan kontrak. Walaupun namanya berubah, pekerjaannya tidak berubah. Dari satu dukun ke dukun lain. Dari uang recehan, keharta trilyunan. Dulu dia dipanggil tuyul dan setelah dewasa dipanggil Tomang.

Jumlah kata: 299

Ditulis dalam rangka ulang tahun Monday FlashFiction yang pertama.

Advertisements

13 thoughts on “25 Januari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s